Wisata Bahari Seru Di Pulau Pelangi

Selain pulau-pulau wisata lainnya yang sudah cukup populer di kawasan Kepulauan Seribu, Pulau Pelangi bisa menjadi referensi yang cukup menarik untuk dicoba. Hampir sama dengan pulau-pulau lainnya panorama alam pantai di destinasi wisata ini juga sanga indah ditambah lagi suasananya yang masih begitu alami dan asri. Bersantai di tempat ini Anda tak akan merasakan panas dan gerah sebagaimana di pantai-pantai lainnya karena banyaknya pepohonan di pulau mungil ini terutama pinus.

Pulau Pelangi kepulauan seribu 6

Saat pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini Anda bisa langsung menyaksikan hijaunya pulau yang cantik ini karena Pulau Pelangi mempunyai vegetasi rimbun. Ditambah pasir yang putih dan lembut serta perairan yang jernih kebiruan tentu membuat Anda tak sabar untuk segera mengeksplorasi pulau wisata ini. Tak hanya diminati oleh wisatawan lokal, pulau mungil ini kabarnya juga menjadi favorit mayoritas turis asal Jepang sebagai lokasi berbulan madu.

Transportasi ke Pulau Pelangi

Nama lain pulau ini adalah Pulau Petonda Besar yang dapat ditempuh dalam waktu 90 menit dari Pantai Mutiara dengan naik perahu motor cepat. Jadwal keberangkatan dari Pantai Mutiara adalah pukul 08.00 WIB dan kembali pada pukul 14.00 WIB. Sementara bila Anda berangkat dari ibukota adalah melalui Dermaga Muara Angke atau Marina Ancol dengan tujuan Kepulauan Seribu. Jadi, untuk menuju pulau wisata ini Anda harus transit dulu ke Pantai Mutiara baru kemudian baru menuju pulau wisata ini.

Aktivitas wisata Pulau Pelangi

Inilah beberapa kegiatan liburan yang bisa Anda lakukan di pulau wisata ini.
Water sport – Wahana permainan air seperti banana boat dan jetski sangat populer di tempat ini. Selain itu Anda bisa melakukan liburan pantai yang umum seperti bermain ombak, membuat istana pasir, serta berenang di perairan sekitar pantai.

Snorkeling dan diving – Pulau wisata yang satu ini mempunyai banyak spot diving dan snorkeling yang cantik. Anda bisa menyaksikan dari dekat keindahan dasar laut yang dipenuhi terumbu karang warna-warni yang terbentuk alami serta bercengkrama dengan ikan-ikan berwarna-warni dan beragam biota laut lainnya. Perlu diketahui bahwa perairan di pulau ini juga kerap menjadi lokasi latihan bagi para penyelam yang ingin memperoleh sertifikat resmi. Para pemula juga bisa mencoba diving pada kedalaman sekitar 5 meter di laut.

Sunset view – Yang paling menarik dari berwisata ke pantai adalah memburu panorama matahari terbenam alias sunset. Anda bisa sekedar duduk-duduk di tepi pantai atau bereksperimen dengan kamera ponsel Anda untuk menghasilkan foto siluet yang cantik. Tetapi bagi para fotografer professional tentu momen seperti ini tak boleh terlewatkan untuk mengabadikannya.

Berjalan-jalan di pantai – Aktivitas yang sederhana tetapi cukup seru dilakukan saat liburan ke pantai adalah berjalan-jalan di pantai, menikmati pemandangan pesisir dengan perairannya yang berwarna biru kehijauan serta menikmati menginjakkan kaki pada pasir putih yang lembut.

Jelajah pulau – Bila sudah lelah berjalan tetapi masih ingin melanjutkan petualangan Anda di pulau yang indah ini, Anda bisa menyewa sepeda yang banyak disediakan oleh penduduk setempat. Anda juga sekaligus dapat menyaksikan kehidupan masyarakat sekitar pada kampung nelayan di kawasan tersebut.

Island hoping – Pulau wisata ini berdekatan dengan pulau-pulau lainnya yang masih merupakan bagian dari Kepulauan Seribu, seperti pulau Sepa dan pulau Kotok. Tentu acara liburan Anda akan semakin seru bila dapat singgah ke pulau-pulau tersebut.

Penginapan di Pulau Pelangi

Bila ingin menginap di pulau ini, pengelola telah menyediakan bungalow dengan berbagai tipe. Anda bisa memilih bungalow bertipe tulip, bougenville, hingga bungalow eksklusif yang dilengkapi dua kamar tidur, penyejuk ruangan, serta kamar mandi dengan fasilitas air panas dan dingin. Seluruh bungalow di tempat ini dibangun dengan menghadap ke laut sehingga setiap saat Anda bisa menikmati cantiknya panorama laut di tempat ini.

Tips wisata ke Pulau Pelangi

Agar acara liburan Anda berjalan lancar dan semakin seru, inilah beberapa tips saat liburan ke pulau yang cantik ini.

Menghindari paparan sinar matahari langsung – Terkena paparan sinar matahari secara langsung apalagi dalam waktu yang lama bisa berakibat buruk bagi kesehatan, terutama untuk kulit dan mata Anda. Kulit Anda bisa “terbakar” bila terus-menerus beraktivitas di bawah terik matahari yang dapat memicu rasa gatal, pedih, dan iritasi. Demikian pula dengan mata kita yang tak hanya menjadi silau tetapi juga mengakibatkan rasa pusing. Sebagai langkah antisipasi, sebelumnya oleskan dulu tabir surya dengan SPF memadai sebelum beraktivitas di pantai dan kenakan kacamata hitam yang mempunyai lapisan anti UV. Jangan lupa memakai topi dan saat ingin bersantai sebaiknya di bawah payung pantai.

Memakai pakaian nyaman – Outfit yang cocok untuk liburan ke pantai adalah yang berbahan kain sejuk serta menyerap keringat misalnya bahan katun. Untuk alas kakinya sebaiknya pilih yang ringan dan datar seperti sandal jepit atau sandal ringan lainnya. Anda akan banyak berkeringat sehingga pakaian yang terlalu tebal akan membuat Anda merasa kurang nyaman.

Memastikan keamanan untuk berenang – Kawasan wisata pantai umumnya mempunyai penjaga pantai yang bertugas menjaga keamanan para pengunjung. Sebelum mulai bermain sebaiknya tanyakan dulu kondisi perairan kepada petugas apakah ombaknya besar atau musim arus yang kuat sedang berlangsung atau tidak. Cermati juga keberadaan satwa berbahaya di sekitar pantai seperti bulu babi, ubur-ubur, atau yang lainnya.

Perhatikan daerah sekitar saat berenang – Perhatikan sekitar Anda, untuk mengetahui apakah ada batu-batu karang yang mungkin bisa menggores kulit saat berenang. Umumnya ada tanda-tanda tertentu atau bendera yang dipasang pada daerah yang mungkin berbahaya. Tanda-tanda yang demikian ini juga ada di kawasan Pulau Pelangi terutama pada area untuk penyelaman yang menandai kedalaman perairan.

Jangan sembarangan menyentuh hewan atau tumbuhan – Ini berlaku pula bagi Anda yang sedang menikmati snorkeling dan diving. Sebaiknya berpartisipasilah pada upaya pelestarian alam dengan tak mengganggu hewan di sekitar kita atau menyentuh apalagi merusak terumbu karang pada spot-spot penyelaman di pulau tersebut. Ini adalah tindakan yang tidak bijaksana karena dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk terumbu-terumbu karang tersebut dapat terbentuk dengan cantik dan besar.

Mengawasi anak-anak – Jangan sampai terlalu terbawa suasana liburan hingga melupakan buah hati Anda. Jangan lalai mengawasi anak agar tidak menuju ke perairan yang dalam. Saat suasana ramai jagalah agar anggota keluarga tak sampai terpisah.

Membawa air mineral – Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi jangan sampai lupa membawa persediaan air mineral saat berlibur ke pantai. Lokasi dengan suhu yang agak panas mengharuskan kita untuk banyak minum air putih karena cairan banyak keluar melalui keringat. Kekurangan cairan bisa menyebabkan pusing, gangguan konsentrasi, lemas, bahkan pingsan.
Nah, selamat liburan ke Pulau Pelangi.

Last 10 posts in Pulau Seribu

This entry was posted in Pulau Seribu and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *