Pulau Bira Pulau Wisata Sejarah di Kepulauan Seribu DKI Jakarta

Indonesia merupakan Negara yang terkenal sebagai salah satu negera di dunia dengan jumlah sumber daya alam yang melimpah dan memiliki banyak keanekaragaman budaya, bahasa, suku, kuliner khas dan adat istiadat. Namun ternyata masih ada satu lagi keunggulan yang dimiliki oleh Indonesia, yaitu sebagai Negara dengan jumlah tempat tujuan wisata yang banyak dan menyebar di seluruh wilayahnya. Mulai dari air terjun, pantai, candi, bangunan-bangunan kuno, serta objek wisata pulau semua ada di Negara Indonesia tercinta ini. Salah satunya yaitu tempat wisata Kepulauan seribu yang masih merupakan salah satu bagian wilayah dari Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
Kepulauan Seribu memang sudah lama terkenal sebagai salah satu tempat tujuan wisata favorit keluarga khususnya bagi warga kota Jakarta dan sekitarnya. Wilayah tersebut merupakan kumpulan dari ratusan gugusan pulau-pulau kecil yang kemudian menjadi satu wilayah di bawah kecamatan Kepulauan Seribu. Kepulauan tersebut dikenal sebagai salah satu tempat tujuan wisata yang masih sangat alami dan terjaga keindahannya.
Dari ratusan pulau yang tergabung dalam gugusan kepulauan tersebut, ada beberapa pulau yang kemudian dijadikan sebagai tempat tujuan wisata bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Salah satunya yaitu Pulau Bira yang letaknya di bagian utara Kepulauan Seribu.

Sejarah Objek Wisata Pulau Bira

Pulau Bira pada umunya terdiri dari dua bagian yaitu Pulau Bira Besar dan Pulau Bira Kecil, namun ada juga Pulau kayu Angin Bira yang merupakan terusan dari Pulau Bira Besar dan letaknya berdekatan. Pulau ini dulunya merupakan salah satu pulau yang digunakan sebagai resort kusus oleh anggota keluarga Presiden Republik Indonesia ke-2. Pulau ini sering dikunjungi keluarga Presiden tersebut untuk berwisata hampir di setiap hari libur. Karena itulah pada masa jayanya di pulau ini dibangun beberapa fasilitas dan bangunan yang dibangun seperti bungalow, 20 cottage, kolam renang, lapangan golf yang cukup luas, serta sudah dibangun juga helipad sebagai tempat landasan dan parkir helicopter sebagai kendaraan pribadi keluarga Presiden RI ke-2 tersebut.

tempat wisata pulau bira kepulauan seribu jakartaNamun kemudian sejalannya waktu, Negara Indonesia mengalami krisis moneter dan juga mengalami banyak hal penting lainnya, yang kemudian menyebabkan Presiden ke 2 RI harus mengundurkan diri dari jabatannya. Hal itulah yang kemudian mempengaruhi kepemilikan Pulau Bira dimana kemudian kepemilikannya di serahkan ke salah satu anak perusahaan BUMN. Namun sejalannya waktu, karena adanya pergantian kekuasaan tersebut, kemudian mempengaruhi pengelolaan Pulau Bira yang tidak terfokus. Karena alasan itulah kemudian Pulau Bira sempat ditutup pada tahun 2005 silam dan kemudian dibuka kembalai beberapa waktu setelah itu untuk tempat objek wisata sampai sekarang.
Namun masih ada satu keluarga yang ditugaskan untuk mengurusi dan menjaga cottage serta bungalow yang ada di Pulau BIra. Meskipun tidak semuanya terawatt dan masih layak digunakan, tetapi masih ada 8 cottage yang masih bisa disewakan kepada pengunjung yang ingin bermalam di Pulau tersebut. Anda juga tidak perlu khawatir karena kondisi cottage tersebut masih layak dan bagus untuk ditempati, dan tentunya juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan di sana.

Akses dan Fasilitas Pulau Bira

penginapan pulau bira kepulauan seribuMeskipun letaknya tergolong jauh dari kota Jakarta, namun Pulau Bira sering juga kemudian dijadikan sebagai salah satu tempat tujuan wisata favorit warga Jakarta dan sekitarnya. Alasannya tentunya karena keindahan pulau tersebut yang memang sangat menarik dan mempesona siapapun yang melihatnya. Contohnya saja air lautnya yang indah dan menyegarkan, saat anda berdiri di tepi dermaga atau de tepi pantai, anda bahkan bisa melihat dasar lautan dengan jelas karena airnya yang begitu jernih, begitu bening serta berwarna biru kehijauan yang indah. Kemudian saat anda berada di pulau, anda bisa berjalan-jalan di pantai di atas hamparan pasir putih memukau yang halus dan bersih sambil menikmati pemandangan sekitar yang hijau dan sejuk di pandang. Anda juga bisa sekaligus mengabadikan moment-monent anda seperti juga moment matahari terbenam dan matahari terbit yang bisa anda abadikan dalam satu tempat. Semua keindahan tersebut bisa anda rasakan ketika anda mengunjungi Pulau Bira.

Selain itu bagi anda yang hobby memancing, berenang, diving, atau juga snorkeling, anda bisa melakukan semuanya di Pulau Bira. Banyak spot-spot kusus yang bisa anda kunjungi dengan menyewa perahu nelayan atau juga dengan menyewa peralatan diving, memancing dan snorkeling yang sudah disediakan di sana. Dengan begitu kemudian anda bisa sepuasnya melakukan hobby anda tersebut.
Snorkeling dan diving di lautan sekitar pulau tentunya akan menjadi moment yang sangat indah bagi anda. pasalnya terumbu karang dan kekayaan biota bawah laut yang ada di pulau Bira sangat banyak dan beragam. Bahkan banyak wisatawan yang kemudian menjadikan Pulau Bira sebagai salah satu pulau dengan spot diving dan snorkeling favorit mereka.

Menghabiskan seharian penuh di Pulau Bira tentunya tidak akan cukup memuaskan hasrat dan kesenangan anda. Karena itu ada baiknya jika anda bermalam dan menginap di Pulau BIra dan menghabiskan lebih banyak waktu lagi bersenang-senang dan menikmati keindahan pulau tersebut. Untuk urusan bermalam dan makan, anda tidak perlu bingung dan kawatir. Bagi anda yang berencana untuk menginap di Pulau Bira, anda bisa menyewa cottage atau bungalow yang sudah ada di pulau dan disewakan dengan harga yang cukup terjangkau untuk sewa per malamnya yang tentunya sebanding dengan beragam fasilitas yang bisa anda nikmati di sana. Kemudian anda juga bisa pergi dan mengunjungi restoran atau kedai makanan yang ada di sekitar pulau yang menyediakan berbagai olahan hidangan laut khas Pulau Bira yang menggoda selera. Selain itu anda juga bisa merasakan bermain golf di lapangan golf yang cukup luas yang ada di Pulau Bira.

Selain itu anda juga bisa mengunjungi beberapa pulau kecil ynag letaknya dekat dengan Pulau Bira seperti Pulau Macan Gundul, Pulau Sepe, Pulau Gosong, Pulau Tongkeng, Pulau Panjang, Pulau Matahari atau juga Pulau Air.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jika anda ingin mengunjungi pulau tersebut, anda bisa pergi ke Pelabuhan Muara Angke kemudian naik kapal penumpang dengan harga sewa yang relative terjangkau. Waktu tempuh dari pelabuhan tersebut ke Pulau BIra sekitar kurang lebih 3 jam. Sedangkan jika anda ingin pergi ke Pulau Bira dengan waktu tempuh yang lebih cepat, anda bisa pergi ke Pelabuhan Marina Ancol dengan menyewa kapal cepat. Namun tentunya harga sewa yang ditawarkan jauh lebih mahal dibandingkan dengan menyewa kapal penumpang. Tapi tentunya perjalanan anda bisa jauh lebih cepat dan singkat dengan menggunakan kapal cepat dan bagi anda yang memiliki kantong tebal, harga sewa kapal cepat tersebut bukanlah masalah besar.

Jadi tunggu apa lagi, segeralah luangkan waktu anda untuk mengunjungi dan berwisata ke Pulau Bira yang eksotis dan indah ini.

Last 10 posts in Pulau Seribu

This entry was posted in Pulau Seribu and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *